Selasa, 13 Februari 2018

Pilah Pilih Sekolah untuk Anak

Bulan-bulan ini adalah bulan membuat orang tua semakin mengernyitkan kening untuk merancang pendidikan anak-anaknya. Masa depan seperti apa yang akan dipersiapkan untuk putra/putri tercinta. Sekarang ini, banyak pilihan yang ditawarkan oleh institusi pendidikan. Mulai sekolah berbasis agama, sekolah alam, sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah internasional, sekolah nasional plus atau home schooling.
Agar sekolah yang kita pilihkan untuk anak dapat memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan potensi yang dimiliki anak, maka ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam memilih sekolah untuk buah hati anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan tahap perkembangan anak dan kondisi psikologis mendasar pada anak. Ketertarikan apa saja yang dimiliki anak sehingga kita bisa memilihkan sekolah yang bisa mendorong kemampuan anak agar lebih berkembang. Dan anda juga dapat melibatkan anak dalam memilih sekolahnya sendiri, karena anak akan menghabiskan banyak waktu di sekolah itu.

Setiap orang tua juga pasti mempunyai tujuan jangka panjang dalam pendidikan anak-anaknya. Pilihan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan pendidikan yang sama dengan yang diinginkan orang tua akan memudahkan orang tua dalam mencapai tujuan jangka panjang tersebut.

Kurikulum sekolah dan jarak rumah dengan sekolah juga perlu dipertimbangkan, apakah menerapkan fullday school atau tidak. Jarak rumah dan sekolah yang jauh menjadikan waktu yang dimiliki hilang dijalan. Anak justru kelelahan. Anak juga kekurangan waktu untuk bermain.  Hal ini bisa menyurutkan semangat belajar. Sehingga ketika kita ajak belajar untuk persiapan esok harinya, anak sudah tidak memiliki cukup energi, kelelahan dan akhirnya ketiduran.

Tenaga pengajar yang ada di sekolah tersebut juga bisa dijadikan rujukan dalam memilih sekolah untuk anak. Guru yang memiliki akhlak yang baik, memiliki kompetensi keilmuan yang sesuai dengan bidang yang diajarkannya, profesional sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dan  dapat membuat suasana belajar yang menyenangkan bagi anak sehingga anak betah belajar di sekolah.

Sekolah yang memperhatikan mutu pendidikan akan membatasi jumlah siswa dalam satu kelas. Perbandingan antara guru dan siswa yang tidak seimbang dapat mengurangi konsentrasi anak dalam belajar, sehingga pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal.

Anda juga bisa melihat kondisi sekolah dengan memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di sekolah tersebut.  Jumlah biaya yang ditetapkan di sekolah juga anda ketahui. Hal ini dapat membantu anda membandingkan dan memilih sekolah yang sesuai dengan kondisi keuangan anda.

1 komentar:

  1. Mari bergabung sekarang juga dan dapatkan PROMO LIMIT FLASH CHIP POKER DOMINO S1288 11-12-2018 hanya di S1288poker.

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker

    BalasHapus