Jumat, 16 Februari 2018

Metode Menghafal Al Quran Sabaq, Sabqi, Manzil

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” Hadis Riwayat Tirmidzi.

Ketika membacanya saja, pahala yang dijanjikan sudah sangat menggiurkan, apalagi ketika berusaha untuk menghafalnya. Proses menghafal itu membutuhkan pengulangan bacaan, mungkin bisa 5 kali, 10 kali, 20 kali atau bahkan lebih, tergantung seberapa kuat ingatan kita. Bisa kita bayangkan pahala yang akan didapat jika kita lalui proses itu dilaksanakan setiap hari. Masyaa Allah bukan?

Salah satu tempat menghafal Al Quran yang ada di Batam adalah Pondok Pesantren Iman Syafi’i(PONTRENIS). Pontrenis Batam merupakan pondok pesantren salafiyah ula yang mempelajari kitab kuning. Ilmu yang dipelajari adalah ilmu-ilmu diniyah seperti  adab, tauhid, fiqih, hadis, bahasa Arab, dan Sirah. Tidak hanya itu, ilmu-ilmu umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKn, Penjaskes dan SBK juga ada. Program unggulan yang ada di Pontrenis adalah Bahasa Arab dan Tahfidzhul Quran dengan metode sabaq, sabqi dan manzil.

Apa dan bagaimana penerapan metode sabaq, sabqi manzil yang ada di Pontrenis?

Sabaq adalah menambah hafalan baru. Jadi setiap hari santri menyetorkan halafan baru. Untuk anak-anak yang belum bisa membaca Al Qur’an sendiri, maka guru tahfidznya akan menalqinkan bacaan Al Quran yang akan dihafal kepada anak. Lafadz yang di talqinkan bisa per ayat, tetapi jika anak tidak mampu maka bisa perkata.
Apakah dengan sekali talqin, anak bisa langsung hafal? Tentu saja belum.
Umumnya anak-anak kelas satu baru mengenal huruf hijaiyah dan masih belajar untuk mengucapkan setiap huruf dengan makhraj yang benar. Maka bacaan yang ditalqinkan harus diulang 5 kali, 10 kali bahkan lebih, hingga anak benar-benar hafal. Jika sudah hafal, maka bisa ditambahkan dengan kata atau ayat berikutnya.

Sabqi adalah mengulang halafan sebelumnya. Misalnya anak sedang menghafal juz 1 sampai lembar ke 5, maka yang menjadi sabqinya adalah lembar 1 sampai lembar ke 5 di baris terakhir halafan anak tersebut.

Manzil adalah mengulang juz sebelumnya. Misalnya di kelas 1 santri sudah menghafal juz 30, dan ketika kelas 2 menghafal juz 29, berarti santri sudah mempunyai simpanan hafalan 1 juz yaitu juz 30. Nah, juz 30 inilah yang menjadi manziilnya.

Agar proses menghafal Al Qur’an bisa berjalan dengan baik, maka sabaq, sabqi manzil harus berjalan dengan seimbang. Bila hanya fokus pada menambah hafalan atau sabaq saja, maka hafalan yang sudah didapat akan menguap. Ibarat obat nyamuk bakar jaman old yang terus menyala, tapi terbakar habis dan menyisakan abu.

Sabaq atau penambahan hafalan yang disetorkan hari ini, masih tersimpan sementara di ingatan anak. Untuk membuatnya menjadi ingatan jangka menengah dan panjang maka dibutuhkan proses lain yaitu sabqi dan manzil. Sabqi ini merupakan penguatan hafalan. Jika proses sabqi dihilangkan, maka hafalan anak tidak akan tertanam kuat dalam memory hippocampus mereka.

Bagaimana jika hanya sabqi dan manzil saja yang dijalankan tanpa ada sabaq?
Anak-anak suka dengan hal-hal yang baru, pengulangan tanpa adanya penambahan dalam jangka waktu yang lama akan membuat mereka kekurangan motivasi untuk menghafal.

Menghafal Al Quran itu membutuhkan proses yang panjang dan kadang (tidak) mudah. Dukungan orang tua untuk selalu mendampingi putra/putrinya dalam memurajaah halafan sangat dibutuhkan. Jika hanya mengandalkan tambahan hafalan dan murajaah di pondok saja, maka proses menghafal tidak akan berjalan dengan baik. Dan yang terpenting adalah doa orang tua agar putra/putrinya selalu dimudahkan dalam proses menghafal Al Quran.

2 komentar:

  1. Mari bergabung sekarang juga dan dapatkan PROMO LIMIT FLASH CHIP POKER DOMINO S1288 11-12-2018 hanya di S1288poker.

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker

    BalasHapus
  2. Adakah buku atau apa judul buku yang menjelaskan tentang metode sabaq,sabqi dan manzil

    BalasHapus