Minggu, 18 Februari 2018

WOWnya Jalan-Jalan untuk Tumbuh Kembang Anak

"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga, yang dengan itu mereka dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.”
(QS Al Hajj 46)

Seperti halnya orang dewasa, anak pun bisa saja diserang oleh rasa bosan dan penat terhadap suatu hal, sehingga mereka rewel dan banyak maunya. Biasanya orang tua akan membujuk anak dengan janji-janji seperti memberikan makanan atau mainan kesukaannya, atau mengajaknya jalan-jalan.

Jalan-jalan tidak selalu harus ke wahana bermain, mall, kolam renang, tempat makan, mengunjungi suatu tempat atau daerah, seperti museum, perpustakaan, perkebunan, pantai, berkemah, dan tempat tempat lainnya. Jalan-jalan santai yang murah meriah, meski sekedar ke taman di pagi atau sore hari juga banyak manfaatnya.

Dari jalan-jalan ini, anak dapat belajar banyak hal diantaranya adalah anak menjadi kenal dengan lingkungan tempat tinggalnya sendiri, maupun lingkungan atau tempat-tempat yang baru dikunjungi, sehingga anak akan mudah beradaptasi  dan berempati ketika berada dalam situasi yang berbeda dari biasanya.
Selain itu berjalan-jalan juga dapat melatih kepekaan sensori anak dengan segala hal yang ada di luar rumah. Misalnya dengar mendengar cericit burung, mencium aroma rumput yang dipotong, meraba tetesan embun di daun, melihat objek benda yang letaknya jauh dan masih banyak lagi.

Dengan berjalan-jalan, anda juga dapat mengenalkan matematika sederhana kepada anak dengan cara yang menyenangkan seperti menghitung langkahnya sendiri, menanyakan jumlah pohon atau tempat sampah yang dilewati anak.
Selain berhitung, mengajarkan konsep sains sederhana juga bisa dilakukan. Contohnya dengan menunjukkan kepada anak cuaca yang terjadi saat itu. Menjelaskan tentang prinsip bayangan, membaca peta, dan anda juga bisa bereksperiment dengan menebak arah mata angin dengan cara menerbangkan saputangan kecil  atau tissue yang digunakan untuk mengusap keringat maupun daun kering yang ditemukan di tepi jalan.

Selain makanan seperti salmon, kacang-kacangan, sayuran berwarna  yang dapat meningkatkan daya ingat, jalan-jalan juga bisa menimbulkan efek yang sama. Anda bisa memperkuat daya ingat anak terhadap bentuk, warna, jenis pohon dan lain sebagainya dari benda-benda yang ditemui di sepanjang jalan, dengan berdialog, “Lihat nak, di pinggir taman,  sekarang  sudah tumbuh pohon akasia kecil!” Atau anda juga bisa memurajaah hafalan anak anda selama berjalan-jalan. Jika anak berhasil mengingat hafalannya dengan baik, maka anda bisa memberikan reward yang disukai anak agar anak semakin giat menghafal.

Menambah  kosa kata baru yang dimiliki anak dengan menyebutkan benda-benda yang ditemui selama dalam perjalanan juga dapat dilakukan sewaktu jalan-jalan. Dengan bertambahnya kosa kata baru, kemampuan berbahasa anak akan semakin meningkat. Sehingga anak bisa lebih lancar berkomunikasi dengan anda dan membuat anak lebih terbuka karena kedekatan fisik yang terbangun dalam keadaan rileks selama berjalan-jalan.

Begitu WOWnya manfaat jalan-jalan untuk tumbuh kembang anak, masihkah anda berkata tidak, jika anak mengajak jalan-jalan?

2 komentar:

  1. Mari bergabung sekarang juga dan dapatkan PROMO LIMIT FLASH CHIP POKER DOMINO S1288 11-12-2018 hanya di S1288poker.

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker

    BalasHapus