Sabtu, 16 Mei 2015

Cerita Rakyat Korea Selatan


                                              
Judul : Cerita Rakyat Korea Selatan. Penulis :  Romiyanti. Penerbit : Rainbow ( Imprint Penerbit Andi). Tahun Terbit : 2015. ISBN : 978-979-29-4358-0. Ukuran : 19x23 cm2. Berat : 245 gram. Tebal Halaman : 136 halaman. Harga 75.000


Belakangan ini segala yang berbau Korea segitu booming di negeri tercinta. Terutama di dunia hiburan melalui  musik dan film. Yang tidak mau ketinggalan adalah sebuah buku yang berisi cerita rakyat yang berasal dari negeri ginseng tersebut.

  •                         Isi buku secara Umum
Melalui buku ini penulisnya ingin mengajak pembacanya yang masih anak-anak mengenal dan mengetahui tradisi dan budaya dari masyarakat di Korea Selatan yang terus di wariskan oleh nenek moyang mereka dari dulu hingga kini melalui dua belas cerita menarik  yang ada di dalamnya.

Buku ini di buka dengan cerita tentang seekor katak hijau yang terus bernyanyi dengan suara pilu karena penyesalan akan kelakuan buruk yang ia lakukan pada sang ibu. Ia baru menyadari betapa ibunya sangat sayang kepadanya setelah ibunya tiada. Kebalikan dengan si katak hujau cerita seorang anak yang berbakti ada dalam “ Hyungji Anak Berbakti”. Ada cerita tentang kelinci dan akar ginseng yang di percaya oleh masyarakat Korea Selatan sebagai obat bagi segala jenis penyakit. Ada cerita tentang Dokkaebi sang hantu kecil. Yong Bersaudara. Sung Ji dan Putri Tertawa. Cerita tentang sandal dari khayangan yang terbuat dari daun ada dalam kisah Ae Moon. Ada cerita tentang keserakahan bersama Burung Kucica dan Labu Emas. Cerita Kipas dan Guci Ajaib dan Puteri Teratai juga tidak kalah menarik. Dan akhirnya buku seri cerita rakyat dunia ini di tutup dengan cerita epik tentang Tiga Ramuan Ajaib.

Buku Cerita Rakyat Korea Selatan ini juga di lengkapi dengan gambar-gambar menarik sehingga anak-anak tidak bosan membacanya. Bahasanya yang sederhana dan cerita yang mengalir memudahkan anak-anak mendapatkan ilmu tanpa harus mengerutkan kening, karena di kemas apik dalam cerita-cerita yang menarik.

  •    Evaluasi buku
Dari segi penampilan, judul dan cover buku sederhana namum cukup membuat anak anak penasaran, ada cerita apa di balik gambar  di cover  buku  ini. Identitas buku juga lengkap. Kata-kata asing juga di cetak miring serta ada penjelasannya sehingga anak-anak langsung paham maksudnya. Hanya saja harganya yang relative mahal dapat mengurangi jumah pembaca cilik yang ingin membelinya. Secara keseluruhan buku ini sangat baik untuk di baca oleh anak-anak.

  •    Kesimpulan
Cerita Rakyat Korea Selatan yang ditulis oleh Romiyanti secara umum sangat baik karena berisi tentang nilai nilai luhur negara Korea Selatan seperti rasa bakti terhadap orang tua, kasih sayang, kejujuran, dan mengajarkan bahwa sifat-sifat buruk akan membawa pada kehancuran, yang di bungkus apik dalam cerita rakyatnya. Kekurangan dan kelebihan wajar ada dalam sebuah buku. Namun secara keseluruhan buku Cerita Rakyat Korea Selatan ini baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar