Minggu, 31 Mei 2015

Cara Membuat Burung Origami


Bisakah cara membuat burung origami di lakukan oleh anak-anak?

Anak-anak sangat menyukai warna yang mencolok. Ini di miliki oleh kertas origami. Kertas dengan warna-warna menarik ini banyak di gunakan sebagai media untuk berkreasi untuk membuat berbagai macam bentuk seperti  binatang, tumbuhan, alat transportasi dan masih banyak lagi melalui seni melipat. Seni melipat origami memiliki berbagai macam tehnik, dari yang sederhana sampai yang rumit. Dan hasilnya juga luar biasa. Hampir tidak menyangka kalau bentuk-bentuk itu bisa di buat menggunakan kertas yang di lipat-lipat.

Nah...kali ini, kita akan membuat burung menggunakan kertas origami. Buka dengan cara-cara yang rumit, namun sederhana saja karena cara  membuat burung origami ini dikhususkan untuk anak-anak yang baru mulai belajar. Namun hasilnya tidak kalah bagus kok. Anak-anak bisa belajar menggunting, menempel dan membuat mainan berbentuk burung dari kertas origami ini. Cara membuat burung origami ini pun sangat simple. Step-step nya pun sangat mudah untuk di ikuti. Yuk kita bikin.......

1. Pertama, siapkan kertas origami dengan dua warna berbeda. Untuk warna bisa di sesuaikan dengan keinginan masing- masing ya....
Pada gambar gambar di bawah ini ada :
1. kertas origami warna kuning
2. kertas origami warna hijau
3. Kertas origami warna biru ukuran 2x5 cm, ujungnya di potong menyerong seperti gambar
4. Kertas origami warna biru ukuran 2x2 cm


2. Cara membuat burung origami yaitu gunting kertas yang telah di siapkan tadi menjadi bentuk lingkaran. Untuk kertas warna kuning, di gunting dengan diameter 12 cm, sedangkan kertas origami warna hijau di bentuk lingkaran dengan diameter 8 cm. ( Untuk ukuran juga bisa di sesuaikan dengan keinginan masing-masing).
Jangan lupa siapkan  lem untuk menempel ya..........


3. Masing masing kertas lalu lipat menjadi dua bagian. Beri lem pada kertas origami warna hijau, jagan sampai ke bagian ujungnya ya....karena nanti bagian ujung tersebut akan di lipat menjadi sayap. Lalu rekatkan pada kertas origami warna kuning hingga menjadi gambar seperti di bawah ini. Nah....untuk membuat sayapnya yang seolah-olah sedang mengepak, lipat sedikit bagian yang berwarna hijau yang tidak di beri lem tadi.


4. Tempelkan kertas origami berwarna biru yang telah kita siapkan tadi, hingga berbentuk seperti gambar. Nah....ekor dan paruhnya sudah terbentuk kan.......


5. Lalu balik deh.......Dan burung origami pun siap untuk di mainkan. Cara membuat burung origami ini mudah bukan?


Dengan hanya menggunting, melipat dan menempel dengan bentuk lingkaran, bujur sangkar dan persegi panjang yang di bentuk menyerupai ekor, maka jadilah mainan anak-anak dari kertas origami. Cara membuat burung origami ini bisa di praktekkan pada anak-anak di rumah lho...  Tidak membutuhkan waktu yang lama. Kegiatan ini juga dapat melatih kreatifitas dan motorik anak, hasilnya juga oke kan...? 

Sebagai aplikasinya, anak-anak juga bisa menggantung burung-burung origami yang telah mereka buat di kamar tidur atau kamar bermain mereka. Caranya dengan memberi benang di bagian tengahnya, jadi burung-burung origami itu seperti terbang betulan.



Wuuusss.........!!!!!!!

1 komentar:

  1. Mari bergabung sekarang juga dan dapatkan PROMO LIMIT FLASH CHIP POKER DOMINO S1288 11-12-2018 hanya di S1288poker.

    untuk info lebih lanjut silakan hubungi kontak CS S1288poker di bawah ini
    BBM - 7AC8D76B
    WA - 08122221680
    LINE : S1288_POKER

    Salam JP
    by S1288poker

    BalasHapus