Sabtu, 01 Juli 2017

Hewan Kwaci

Hewan apakah ini ?

kami tetep


Phereoeca uterella.
Itulah nama latinnya.
Di Jawa dia lebih terkenal dengan nama " kami tetep".
Tapi selama 18 tahun tinggal di Jawa,
saya belum pernah bertemu dengan hewan ini. Justru ketika sekian tahun tinggal di Batam, saya baru tahu kalau ada hewan seperti ini. Katrok ngga sih?

Bentuknya mirip biji semangka atau biji timun. Hanya warnanya saja yang berbeda. Kami tetep berwarna coklat dan bertekstur.

Saya menemukan binatang ini pertama kalinya di dinding rumah. Menggantung, kadang bergerombol di pojok ruangan yang jarang saya bersihkan. Ketahuan nih malasnya.

Si kami tetep ini juga suka tinggal di tempat yang kotor seperti kandang ternak, gudang barang bekas dan rongsok, pantaslah saya baru berjumpa dengan dia setelah saya tinggal di ruli ini, di Mantang dulu ngga pernah ada yang beginian.

Hewan ini mempunyai dua lubang di ujung ujungnya. Dia bergerak dengan cara mengeluarkan kepala dan sebagin tubuhnya untuk berpindah tempat.

Hati hati jika bertemu dengan binatang ini. Walaupun cuma seupil dan terlihat lemah tak berdaya, dia punya senjata untuk menyengat siapapun yang mengusiknya. Bulu bulu halus dibadannya juga bisa membuat siapapun yang menyentuhnya kegatelan.
Eh ... padahal sama sekali ngga mirip biji cabe-(cabean).

Yang mau kenalan sama binatang ini, boleh datang ke rumah saya. Nanti saya siapkan, seminggu ngga nyapu dulu....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar